Penggunaan Fungsi Upper dan Lower dalam Microsoft Excel

Penggunaan Fungsi Upper dan Lower dalam Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi rumus yang memudahkan kita dalam pengerjaan sebuah tugas dalam lembar kerja Excel, tidak hanya fungsi rumus yang memudahkan kita dalam urusan hitungan matematika, tetapi juga dalam hal penulisan teks kalimat yang berbentuk tulisan atau huruf.

Pada pembahasan kali ini, Tutorial Excel akan membahas salah satu fungsi yang membantu kita dalam penulisan sebuah teks atau kalimat pada program Microsoft Excel, yaitu fungsi Upper dan Lower yang dapat membantu kita merapihkan format penulisan teks kalimat dalam sebuah cell.

Fungsi Upper berfungsi untuk membuat seluruh teks atau kalimat dalam sebuah cell menjadi huruf kapital dalam penulisannya sehingga kita tidak perlu repot repot lagi mengetik ulang kalimat teks tersebut.

Sebaliknya, fungsi Lower adalah untuk membuat seluruh teks menjadi huruf kecil. Sintaks nya sendiri adalah sebagai berikut :

FUNGSI UPPER

=UPPER(Text) / =UPPER(Cell Location)



huruf teks yang berada pada cell location akan berubah otomatis menjadi huruf kapital dan berlaku untuk seluruh kata. Sedangkan sintaks untuk fungsi Lower adalah

FUNGSI LOWER

=LOWER(Text) / =LOWER(Cell Location)


Teks Kalimat yang berada pada cell location otomatis berubah menjadi huruf kecil semua.


Bonus tutorial :

FUNGSI PROPER

Fungsi Proper adalah untuk membuat format penulisan teks menjadi lebih rapih dengan penulisan huruf kapital pada huruf pertama teks. seperti contoh gambar dibawah ini !



sintaks rumusnya sendiri adalah sebagai berikut :

=PROPER(Text) / =PROPER(Cell Location)

Sobat Excel, Demikianlah tutorial penjelasan mengenai fungsi dari Upper dan Lower yang disertai dengan fungsi rumus proper. Semoga informasi ini berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

Salam


Tutorial Excel

Share this:

-->