3 Langkah membuat Tabel Sederhana di Microsoft Excel Untuk Pemula

3 Langkah membuat Tabel Sederhana di Microsoft Excel Untuk Pemula

Membuat Tabel di Microsoft Excel tentunya sangat mudah bagi anda yang terbiasa menggunakan software Microsoft Excel maupun Microsoft Word, karena pembuatan dan penggunaan tabel pada Microsoft Excel kerap sering kali kita pergunakan dalam pengerjaan tugas yang kita kerjakan di lembar kerja Microsoft Excel.

Apa itu Tabel ? Tabel menurut pengertian yang dikutip dari wikipedia, adalah sebuah alat untuk menampilkan informasi dalam bentuk matriks, yang fungsinya dapat membantu mempermudah pengguna / pembaca dalam membaca sebuah data informasi yang terkandung di dalamnya, bisa berupa daftar maupun satuan nilai angka yang tersusun dengan garis pembatas.

Kali ini kita akan mempraktekan mengenai pembuatan tabel yang sederhana pada program microsoft Excel. Ikuti langkah langkah berikut ini :

1. Buka program Microsoft Excel Anda, dan buka dokumen anda atau bisa membuat dokumen baru dengan cara klik tombol Office Button - New - Blank Workbook - lalu klik Create.




2. lalu siapkan sejumlah data informasi yang akan kita buat tabel nya, seperti contoh dibawah ini dimana kita akan membuat tabel pada daftar nilai hasil ujian sekolah. Pada tutorial kali ini TE menghilangkan tampilan Grid pada lembar kerja excel nya agar terlihat lebih kontras.
Cara menghilangkan Grid pada Microsoft Excel : klik menu View - lalu hilangkan centang pada menu Gridlines

Contoh Tabel Data :


3. Langkah ketiga, Klik Menu Insert dan pilih menu Table, atau bisa menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Ctrl+T, lalu pilihlah Range Area yang akan kita buat tabel nya dengan menseleksi seluruh blok Cell dengan cara men Drag kursor di area tersebut, Centang kolom My Table has Headers, lalu klik OK .



Selesai, Anda kini sudah dapat membuat tabel sederhana di Microsoft Excel.


Untuk Kostumisasi design dan warna tabel, anda cukup memilih desain tabel yang anda sukai dengan mengklik More pada menu Table Style. lalu akan muncul beberapa pilihan design dan warna dari tabel yang telah kita buat tadi.



Demikianlah Informasi dan Tutorial dari Cara 3 langkah pembuatan Tabel sederhana pada Microsoft Excel untuk pemula. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda yang ingin belajar Microsoft Excel.

Share this:

-->