Mengenal Fill Handle - Cell Drag and Drop Microsoft Excel

Mengenal Fill Handle - Cell Drag and Drop Microsoft Excel

Fill handle Cell Drag and Drop merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk meng copy cell yang berisi rumus formula dalam satu kali tindakan dengan men Drag cell yang kita inginkan. Contohnya apabila kita ingin meng copy rumus formula dengan hasil penjumlahan dari beberapa cell, lalu kita ingin menduplikasi rumus formula tersebut ke dalam beberapa cell yang kita inginkan, maka dengan mengaktifkan fitur fill handle Cell Drag and Drop dapat otomatis mengcopy dan mempercepat pekerjaan kita ketimbang kita harus mengcopy secara manual.

Umumnya, fitur ini sudah tersedia secara bawaan dari program Microsoft Excel kita, apabila kita mengarahkan kursor kita ke pojok kanan bawah dari sebuah cell, akan muncul tanda (+) kecil, nah inilah yang dimaksud dengan fill handle. Kita bisa men Drag dan menempatkan (Drop) ke Cell yang kita inginkan beserta dengan formula yang terdapat didalamnya. Cara ini biasa digunakan untuk mencopy sebuah cell dengan cepat, ataupun membuat urutan angka secara otomatis yang harus disertai dengan menekan tombol Ctrl.



Tapi terkadang didalam beberapa kasus, fitur fungsi tersebut tidak muncul alias error, bagaimanakah cara mengaktifkannya kembali ? Caranya sangat mudah, anda tinggal merubah settingan dengan cara

Klik Office Button lalu pilih menu Excel Options yang terdapat di pojok bawah.


Lalu pilihlah menu Advanced, lalu centang box yang bertuliskan Enable Fill Handle and cell drag-and-drop, lalu pilih OK. Lihatlah gambar dibawah ini.


Selesai, kini fitur Fill Handle sudah bisa anda gunakan untuk mencopy sebuah cell dengan cara Drag & Drop. Kita akan coba mencopy sebuah rumus formula dari contoh embar kerja dibawah ini.



Demikianlah Tutorial bagaimana cara menggunakan fill handle Drag and Drop Cell untuk mengcopy rumus formula secara cepat, serta bagaimana mengembalikan setingan fill handle yang mengalami error pada Excel Options. Sekian dan Terima Kasih.

Share this:

-->