Rumus Max untuk mencari angka tertinggi dari sebuah nilai

Rumus Max untuk mencari angka tertinggi dari sebuah nilai

Fungsi rumus Max dapat digunakan untuk mencari angka tertinggi dari sebuah nilai pada cell Microsoft Excel. Biasanya rumus ini digunakan dalam sebuah tabel microsoft Excel yang berisi daftar nilai atau angka. Pengguna dan pembaca sheet terkadang bingung mencari pada cell manakah yang memiliki nilai tertinggi dari daftar tersebut.

Solusinya dalah dengan menggunakan fungsi rumus Max Microsoft Excel.

Kali ini kita akan membahas tutorial penggunaan rumus fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi, dan rumus fungsi Min untuk kebalikannya, yaitu mencari nilai terendah. Contoh dibawah ini adalah daftar nilai ujian sekolah dari beberapa mata pelajaran dimana dari sejumlah siswa mendapatkan nilai angka tertentu untuk hasil ujiannya. Studi Kasusnya adalah ketika kita ingin mencari tahu siswa mana yang mendapat nilai tertinggi dari mata pelajaran tersebut, maka diperlukan fungsi rumus Max untuk mencari tahu hal tersebut.

berikut ini adalah rumus yang dapat anda gunakan untuk mencari nilai tertinggi dengan rumus Max

=MAX(number1; [number2];....)

Dan untuk mencari angka terendah dari sebuah nilai pada Microsot Excel, dapat menggunakan rumus Min berikut ini

=MIN(number1; [number2];....)

(Number1; [number2];...) merupakan range data dari daftar angka yang akan kita cari nilai tertinggi atau nilai terendahnya. Perhatikan contoh dibawah ini :




dan berikut ini hasil dari penggunaan rumus max pada masing masing daftar mata pelajaran, dengan mencari nilai tertinggi dari mata pelajaran Matematika yaitu (9.1), mata pelajaran Bahasa Indonesia (9.0), mata pelajaran Agama (8.5) dan mata pelajaran Keterampilan ( 9.1 ). Begitu pula untuk nilai rata rata, rumus Max akan mencari data angka tertinggi dari sebuah range data Cell yang dibacanya. Dan inilah hasil dari penggunaan rumus Max pada tabel tersebut :


Untuk kebalikannya, mencari nilai terendah dari mata pelajaran tersebut, kita tinggal mengaplikasikan dengan rumus Min seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Demikianlah penjelasan dari cara menggunakan rumus Max dan Min untuk mencari angka tertinggi atau terendah dari sebuah daftar nilai pada cell Microsoft Excel. Tentunya rumus ini dapat diaplikasikan dengan mudah sekalipun anda masih pemula dalam hal Microsoft Excel. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Baca Juga :

Share this:

-->