Fungsi RoundUp dan RoundDown pada Microsoft Excel

Fungsi RoundUp dan RoundDown pada Microsoft Excel

Fungsi Roundup digunakan untuk melakukan pembulatan ke atas pada angka pecahan koma dalam Microsoft Excel. Fungsi RoundUp sendiri memiliki fungsi yang sama seperti rumus fungsi Round yang telah dibahas sebelumnya, namun fungsi RoundUp lebih spesifik lagi karena berisi sintaks / perintah untuk membulatkan seluruh bilangan pecahan pada pembulatan angka ke atas.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa standarisasi Microsoft Excel dalam pembulatan pecahan angka desimal adalah 0-4 untuk pembulatan ke bawah, dan 5-9 untuk pembulatan keatas.
Untuk menentukan sendiri jenis pembulatan yang akan dipakai, adalah dengan menggunakan rumus fungsi RoundUp dan juga RoundDown.

Jika hanya fungsi Round yang dipakai, Microsoft Excel akan otomatis menentukan sendiri jenis pembulatan yang dipakai. Round memiliki 2 jenis turunan fungsi yang akan kita bahas penjelasan serta pengerjaannya.

Sebelum melangkah ke praktek, sebaiknya anda baca dahulu postingan tutorial excel sebelumnya yang membahas Pembulatan Angka Menggunakan Fungsi ROUND agar anda lebih paham lagi mengenai tahapan langkah yang akan kita kerjakan sekarang.

Mari Praktek !

Seperti contoh lembar dokumen pada pembahasan Fungsi Round, kita akan membulatkan angka pada sebuah cell dengan jumlah digit pecahan koma yang hendak ditampilkan adalah 2 digit. Fungsi sintaksnya sendiri hampir sama dengan fungsi ROUND hanya kita tambahkan dengan kata Up untuk menjadi Fungsi RoundUp membulatkan pecahan koma ke atas.





=ROUNDUP(Number;Num_Digits) 
=ROUNDUP(B3;2)


Maka hasilnya akan seperti ini !



Kok sama hasil yang ditampilkan apabila kita menggunakan rumus fungsi Round ? Tentu saja dikarenan digit ke 3 atau digit setelah digit kedua yang hendak ditampilkan menunjukan angka 7 yang mana jika kita melihat standarisasi pembulatan, maka angka 7 akan termasuk kepada kelompok jenis pembulatan keatas.

Bagaimana jika kita ingin menggunakan pembulatan kebawah ?

Adalah dengan menggunakan Fungsi RoundDown, tahapan pengerjaannya hampir sama hanya sintaks rumusnya saja yang berbeda menggunakan sintaks ROUNDDOWN.


dikarenakan bilangan digit ke 3 setelah digit kedua yang hendak ditampilkan menunjukan angka 7 yang harusnya berarti pembulatan ke atas, maka hasil pembulatan menggunakan fungsi RoundDown pada studi kasus ini hanya akan menunjukan digit pecahan koma sesuai dengan angka asli dari cell lokasi target.
Seperti contoh dibawah ini.


Bagaimana Sobat Excel ? Sudah pahamkah mengenai penjelasan fungsi RoundUp dan RoundDown pada Microsoft Excel ? Semoga Tutorial dan pembahasan kali ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anda yang sedang belajar program Microsoft Excel.

Sampai berjumpa pada postingan Tutorial Excel selanjutnya.

Terima Kasih

Share this:

-->