Rumus Average untuk menghitung Rata Rata sebuah nilai

Rumus Average untuk menghitung Rata Rata sebuah nilai

Untuk menghitung rata rata dari sebuah nilai angka pada range data cell, kita memerlukan sebuah rumus Microsoft Excel untuk membantu proses pengerjaannya, terlebih lagi jika data yang akan anda hitung memiliki Range data yang berjumlah banyak.

Rumus untuk menghitung rata rata pada Microsoft Excel bisa menggunakan rumus sebagai berikut :


=AVERAGE ( Numbers 1; [ Numbers 2 ];... ) 

Supaya lebih jelas dan paham, Mari kita langsung praktekan saja.



Berikut ini adalah contoh lembar kerja dengan judul daftar nilai hasil ujian sekolah, yang dimana didalamnya berisi daftar nilai dari siswa sekolah yang mengikuti ujian kelas mata pelajaran. Dari sekian banyak nilai mata pelajaran, bagaimanakah cara kita menghitung rata rata nilai masing masing siswa tersebut ?


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk menghitung rata rata dari sebuah nilai atau angka kita memerlukan sebuah rumus microsoft excel, untuk itu kita dapat menggunakan rumus Average ( Rata-Rata ). Didalam studi kasus, kita akan mencari nilai rata rata dari seorang Siswa yang bernama Abdul dari beberapa nilai mata pelajaran yang diperolehnya.

Dari 4 ujian mata pelajaran yang telah dilakukan oleh Abdul, Abdul memperoleh nilai :

  • 7,2 untuk mata pelajaran Matematika ( Terletak pada Cell E4 )
  • 6,7 untuk mata pelajran Bahasa Indonesia ( Terletak pada Cell F4 )
  • 7,5 untuk mata pelajaran Agama ( Terletak pada Cell G4 )
  • 6,0 untuk mata pelajaran Keterampilan. ( Terletak pada Cell H4 )
Berapakah nilai rata rata hasil ujian Abdul dari 4 mata pelajaran yang telah dilaluinya. Jawabannya adalah dengan menggunakan rumus seperti contoh dibawah ini.


Mulailah dengan formula  ( = ) diikuti oleh dengan Syntax AVERAGE (Range data). Fungsi rumus yang lebih jelasnya untuk studi kasus diatas adalah sebagai berikut,


=AVERAGE(E4:H4)

( E4:H4 )  merupakan hasil seleksi drag cell yang akan kita hitung nilai rata rata nya dari mulai mata pelajaran Matematika hingga mata pelajaran Keterampilan.


Tekan Enter maka akan muncul hasil penjumlahan rata rata dari 4 nilai mata pelajaran yang telah dikerjakan oleh Abdul yaitu 6,9


Bagaimana ? Mudah bukan untuk menghitung rata rata sebuah nilai menggunakan rumus Average pada Microsoft Excel. Semoga Artikel ini dapat membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan anda.

Share this:

-->